Email Sebagai Jantung Aktivitas Dunia Maya

E-mail merupakan salah satu fasilitas surat elektronik di dunia maya, banyak sekali situs layanan email di internet seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, dll. Lalu mengapa disebut sebagai jantung aktivitas dunia maya.’? Nah disini ane mau share sedikit pengalaman mengapa email dikatakan seperti itu. Banyak orang yang bertransaksi di dunia maya baik itu untuk mecari hiburan, promosi, komunikasi, dll tanpa memperhatikan email. Contohnya teman ane. Sebut saja si udin, nah suatu hari fb nya di tuh kena hack sama orang yang tidak bertanggung jawab, (maaf ane bukan sombong y. Hehe). Dia mengadu tuh sama ane, dia bilang “Gan fb saya kena hack, kira” bisa diambil lagi gax yah tu akan coz penting banget.?”, kemudian saya jawab, “kamu bisa reset password fb kamu melalui email yang dulu kamu pakai untuk mendaftar di fb”. Trus dia heran, email.’?, maksudnya gmn saya tidak ngerti coz waktu itu saya gax ngerti dg email n fungsinya. Berhubung dia tidak mengerti, ane jelasin tuh kalau email tuh fungsinya. Bla…bla…bla… (haha kalau bla…bla…bla z kurang jelas ya gan). Oke deh sedikit ane jelaskan. Banyak sekali fungsi email itu gan, ane sebutin beberapa z:

  1. Untuk reset ulang password suatu jaringan social, komunikasi, sharing maupun yang lainnya. Seperti blogger, wordpress, fb, twitter, Ziddu, Mediafire, dsb.
  2. Untuk berlangganan media informasi seperti info lowongan kerja.
  3. Untuk bertransaksi belanja lewat internet.
  4. Dan masih banyak lagi.

Mungkin itu masih sebagian kecil dari fungsi email gan, buat referensi yang lain agan bisa cari di google mengenai fungsi email.

Mungkin saran dari saya mengenai artikel ini gan khususnya buat para pemula di dunia maya kaya ane ini, mulai sekarang buatlah suatu email khusus yang akan agan gunakan selamanya selama hidup agan dan gunain email itu untuk keperluan agan yang sekiranya menurut agan penting seperti pembuatan akun fb, twitter, dll. Kemudian kalau agan udah terlanjur menggunakan email yang lain pindahkanlah semua akun pribadi yang menurut agan penting untuk dikelola hanya dengan email itu saja, tapi perlu diingat gan bahwa tidak semua jaringan di dunia maya menyediakan fasilitas pemindahan email. Mungkin salah satu jaringan yang telah memiliki fasilitas pemindahan email adalah fb. Hal ini perlu agan perhatikan mengingat kejahatan di dunia maya kian meningkat dan juga perkembangan teknologi yang semakin canggih telah membuat semuanya menjadi berbeda karena dalam beberapa kasus seperti melamar pekerjaan, mencari penghasilan, dll itu sudah menggunakan fasilitas email untuk media komunikasinya.

Nah mungkin artikel dari ane cukup sekian gan. Moga bermanfaat.

Thank You

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s